Selasa, 09 Februari 2010

Sungguh Luar Biasa Malam Ini

Sudah kuniatkan sejak minggu lalu bahwa Selasa, 9 Februari 2010 aku akan menghadap
dosen pembimbingku untuk melanjutkan presentasi tesisku. Setelah pada Kamis, 4 Februari 2010, yang bertepatan dengan ulang tahunku ke 24, aku mendapatkan pencerahan, aku mulai merasa cintaku pada tesisku mulai tumbuh kembali. "Tinggal tiga teorema lagi, tinggal tiga teorema lagi," kata-kata itu terus terngiang-ngiang dalam pikiranku.

Semangatku sangat menggebu-gebu. Tekadku sudah bulat, aku harus melaksanakan seminar tesis pada minggu terakhir bulan Februari. Apapun yang terjadi, aku harus seminar akhir Februari. Aku berharap semangatku akan terus menyala sampai setidaknya bulan Februari berakhir.

Dua hari ini aku selalu mengantuk, baik siang maupun malam. "Ya Allah, jangan berikan rasa kantuk kepadaku malam ini," pintaku. Akan tetapi, rasa kantuk tak bisa kutahan. Akhirnya kuputuskan untuk tidur dan menset alarm agar berbunyi pada pukul 22.30. Alarm berbunyi, tetapi kantuk enggan pergi. Kupindahkan "Noncommutative Noetherian Rings" dan map hijau berisi bahan tesisku ke atas tempat tidurku, berharap aku akan tergoda untuk menyentuhnya. Namun, tak juga datang hasrat tersebut. Kulanjutkan tidurku.

Handphoneku berbunyi, tanda SMS masuk. Ternyata temanku mengabariku bahwa teman
kami akan melangsungkan pernikahan pada 21 Februari 2010. Temanku mengabariku
malam-malam memintaku untuk menyebarkan kabar gembira tersebut melalui milis angkatan dan Facebook. Aku masih mengantuk, aku abaikan saja SMS dari temanku. Aku masih bisa melakukannya besok. Kulanjutkan tidurku.

Saat aku terlelap, tiba-tiba perutku melilit kesakitan. Mau tak mau aku harus terbangun dan segera menuju kamar kecil. Dalam hati aku bergumam, "Ya Allah, banyak sekali gangguan dalam tidurku." Aku teringat, bukankah aku yang meminta Allah untuk tidak memberikan kantuk kepadaku. Ternyata Allah benar-benar menjawab doaku. Setelah wudhu dan sholat, pikiranku terasa jernih. Kuraih buku dan mapku dari atas tempat tidur, kunyalakan komputerku, kubuka file draft tesisku. Ternyata masih juga aku tergoda dengan game-game yang terinstal di komputerku. Setelah satu ronde memainkan
Free Cell, aku merasa bahwa malam ini sungguh luar biasa. Tiba-tiba saja aku ingin
menceritakan kisah ini melalui blogku.

Pukul 3.11, sepertinya aku tak akan sempat menyelesaikan tiga teorema, bahkan sebuah
lema pun. Akan tetapi, aku sudah mendapatkan sedikit pencerahan dan mengetahui apa yang harus kulakukan selanjutnya. Biarlah besok aku tak jadi menghadap dosen pembimbingku, tetapi aku sudah mendapatkan pencerahan malam ini.

Sungguh luar biasa malam ini.

Tidak ada komentar: