Jumat, 08 Mei 2009

Mari Kita Lestarikan Bahasa Sunda di Kalangan Orang Sunda Sendiri

Banyak sekali orang yang merantau ke Bandung.

Contohnya di jurusan saya, orang Minang sangat mendominasi, disusul kemudian oleh orang Jawa. Apabila mereka berkumpul sesama suku mereka, mereka selalu menggunakan bahasa daerah mereka. Saya, yang berada bersama mereka tidak mengerti dengan pembicaraan mereka. Kadang-kadang saya sebagai suku pribumi merasa tidak dihargai.

Saya sebagai pribumi sudah selayaknya merasa berkuasa, merasa memiliki tanah Pasundan ini.

Tetapi saya malah merasa ditindas dan dijajah oleh mereka para pendatang.

Seharusnya mereka tahu diri, sebenernya mereka ada di mana.

Mungkin memang salah orang Sunda sendiri yang tidak melestarikan bahasa Sunda di kalangan orang Sunda sendiri. Jadi, marilah kita gunakan bahasa Sunda, setidaknya di kalangan orang Sunda sendiri.

2 komentar:

Delsi Kariman mengatakan...

Hehe...maafkan kami ya.
Bukannya kami bermaksud tidak menghargai, tapi gimana lagi.

Ecafery's Sister mengatakan...

Gpp kok uni...
Nyantei aja.
Aku msh bs bersunda ria di tempat lain kok.